Tentang BBI

Apa itu Blogger Buku Indonesia? Secara singkat Blooger Buku Indonesia adalah sekelompok blogger yang hobi membaca dan menuliskan reviewnya di sebuah blog buku. Blogger ini terbatas hanya untuk warga negara Indonesia namun tidak membatasi wilayah domisilinya. Boleh saja berada di luar Indonesia sepanjang ia masih warga negara Indonesia.
Beberapa tanya-jawab tentang Blogger Buku Indonesia dibawah ini saya copas langsung dari web aggregator-nya Blogger Buku Indonesia (tulisan bercetak miring merupakan tambahan penjelasan dari saya) :
Apa yang dimaksud dengan blog buku?
Blog yang khusus memuat tentang buku, namun bukan blog yang bersifat komersil.
Bentuknya bisa berupa:
resensi buku
quote
berita buku
interview pengarang
curhat buku
cover buku
buku yang tersedia untuk ditukar
..dan sebagainya yang berhubungan dengan buku (punya cerita tentang pengalaman baik menyenangkan atau menyebalkan saat berbelanja buku baik di bookstore online atau di toko buku fisik? punya cerita tentang kesan-kesan setelah menonton film yang diadaptasi dari buku atau kerennya movie adaptation? atau cerita apa saja sepanjang itu pengalaman yang berhubungan dengan buku boleh ditulis dalam blog buku.)
Postingan non buku (termasuk cerpen) tidak diperbolehkan kecuali postingan itu berhubungan dengan BBI atau event BBI.(ada beberapa sperti event seputaran ulang tahun BBI, event membuat cerpen diantara member BBI  boleh dituliskan didalam blog, namun jika cerpen itu bukan dalam event BBI maka tidak bisa dimasukkan)
Apa keuntungan bergabung dengan BBI?
Berkenalan dengan pencinta buku seluruh Indonesia
Memperbanyak pengunjung di blog buku anda
Mengikuti event2 yang khusus diselenggarakan hanya untuk member BBI
Menikmati fasilitas dari BBI
Apa fasilitas yang saya dapatkan begitu menjadi anggota?
Blog anda masuk dalam aggregator BBI dan list Good Reads BBI
Facebook anda akan diinvite dalam grup khusus BBI
Memberitakan update terbaru blog buku anda (via RT twitter BBI)
Apa itu blog aggregator BBI?
Blog khusus yang memuat update postingan2 blog member BBI (blog aggregator BBI yaitu www.blogbukuindonesia.com)

Saya memiliki blog buku namun juga memuat postingan lain yang tidak ada hubungannya dengan buku, dapatkah menjadi anggota?
Sebaiknya dimodifikasi dahulu menjadi blog khusus buku. (semua postingan yang tak berhubungan dengan buku sebaiknya dipindahkan ke blog yang lain atau dihapus)
Apa saja postingan blog yang dianggap tidak sesuai dengan konteks buku?
Yang tidak ada hubungannya dengan buku dan postingan tentang buku yang bersifat komersil. Mis : jualan buku
Apakah saya tidak bisa menjual buku (bekas) saya?
Bisa, di section sale blog anda. Terutama bila tujuannya bukan untuk komersil. Misal : karena ingin mengurangi timbunan buku di rumah. (rata-rata bookworm adalah penimbun buku kronis, dan ketika timbunan itu sudah terlalu banyak, boleh dijual atau ditukar. Namun section sale itu merupakan sebagian kecil dari isi postingan. Jika mayoritas postingan berupa jualan buku, jelas itu sudah menjadi blog komersil)
Blog buku saya sudah lama hiatus, dapatkah menjadi anggota?
Bisa, asalkan kedepannya selalu di update setidaknya setiap 4 bulan. (jika memang anda punya kesibukan yang sama sekali tak bisa diganggu gugat dan tak bisa untuk meng-update blog seperti harus konsentrasi mengerjakan skripsi, mengikuti UN, ditugaskan ke daerah terpencil yang sulit untuk mengakses internet *uhuk* atau habis melahirkan sehingga sibuk mengurus si kecil dapat menghubungi divisi Keanggotaan untuk memberikan penjelasan dan divisi Keanggotaan akan memberikan keringanan berkaitan dengan hal tersebut)
Apa yang terjadi bila saya lupa mengupdate blog buku saya selama 4 bulan?
Kemungkinan besar akan dihapus dari list BBI, namun sebelumnya akan diberikan peringatan terlebih dahulu.
Adakah syarat jumlah postingan dalam blog buku untuk menjadi member BBI?
Minimal sudah ada 5 postingan (artikel/review).
Bolehkah saya mengiklankan buku karangan saya di blog?
Posting yang berisi promosi buku karya sendiri (termasuk buku dimana anggota jadi penerjemah/ editor/ proofreader/ advanced reader) hanya diizinkan 1 posting per buku.
Apa saja kegiatan yang diadakan oleh BBI?
Baca buku bareng (baik yang diadakan oleh divisi event maupun oleh anggota BBI sendiri. Anggota BBI sendiri maksudnya, beberapa anggota memiliki beberapa judul buku yang sama dalam timbunannya namun tidak mood untuk memulai membaca, biasanya mereka janjian untuk membacanya secara bersama-sama. Saya sudah beberapa kali melakukannya seperti membaca “Berjuta Rasanya” bareng OceMei, “Trilogi Hunger Games” bareng OceMei dan Alvina.) 
Resensi buku secara serentak di akhir bulan (tema buku ditentukan oleh divisi event, anggota dibebaskan untuk memilih tapi tidak memaksa untuk harus ikut)
Mengumumkan event buku, mis: bedah buku, lunch bareng penulis,event buku blog pribadi dsb.
Saya ingin menjadi anggota, bagaimana prosedurnya?
Setelah membaca about dan FAQ di fanpage ini, perhatikan apakah semua persyaratan sudah terpenuhi. Bila ya, hubungi dan jangan lupa sertakan alamat blog ke bagian keanggotaan kami di membershipbbi@gmail.com. Selanjutnya harap bersabar karena permohonan anda akan kami pelajari dahulu.
Kami ingin mengadakan kerjasama dengan BBI untuk resensi buku, bagaimana prosedurnya?
Permintaan resensi, silahkan menghubungi : uyi_adi@yahoo.com atau yuliantodion@gmail.com, dengan menyertakan judul buku, pengarang, penerbit, tebal, genre, serta tujuan diresensi.
.
.
.
(tambahan dari saya diluar FAQ page)
Anggota BBI sudah cukup banyak. Lebih dari 100 blogger dan blog buku. Dengan sekian banyak anggotanya dipastikan ada banyak genre yang dibaca. Namun tidak pernah ada keharusan memilih genre tertentu karena di BBI kami menganut prinsip “membaca karena kesenangan dan bukan karena gengsi atau keharusan”. Sehingga kami tidak pernah mencela pembaca genre-genre yang selama ini dianggap picisan atau mengganggap sok hebat pembaca genre “berat”.
 
Jenis buku baik itu buku import ataupun buku terjemahan, tahun terbit tidak pernah menjadi persoalan. Lagi-lagi itu terpulang kepada blogger sendiri. Beberapa member BBI merasa lebih nyaman membaca buku dan menulis review dalam bahasa Inggris. Beberapa lainnya lebih familiar dengan bahasa sendiri. Tidak pernah ada kewajiban untuk membaca buku dan menulis review dalam bahasa Inggris. Jadi mungkin kamu yang selama ini merasa ingin bergabung dalam BBI namun minder karena bacaannya tidak dalam bahasa Inggris dan buku yang dibaca masuk kategori menye-menye, no problem. Ayo gabung!!! Sepanjang blogmu adalah blog buku.
 
Merasa belum pede bergabung dengan BBI karena tempat tinggalnya jauh? Hey… anggota BBI tersebar mulai dari pulau Sumatera hingga pulau Papua. Jangan takut merasa terpencil. Bukankah jauh itu hanyalah jarak dalam hitungan angka?
 
Bagaimana? Masih bingung tentang BBI atau cara bergabung di BBI? Kamu boleh bertanya pada saya melalui email (lihat page “About Me“) atau mengunjungi blog aggregator BBI di www.blogbukuindonesia.com
*
Info ini dicopas dari:
blognya @putripwu
Advertisements

2 thoughts on “Tentang BBI

  1. Pingback: Setahun di Blogger Buku Indonesia | Petronela Putri (books)

  2. Pingback: Setahun Bersama Blogger Buku Indonesia | Petronela Putri (books)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s