Ketemu dan Ngobrol Santai dengan Eriko Ono Sensei, Komikus Hai Miiko!

Hari Minggu kemarin (26/3), saya mampir ke Gramedia Matraman karena diundang pihak Penerbit M&C! ke acara Meet & Greet with Eriko Ono Sensei. Buat kamu yang besar di tahun 1990-an dan 2000-an awal, pasti nggak asing dengan penerbit satu ini. Dulu waktu zaman saya (berasa tua banget sekarang), baca komik termasuk salah satu rutinitas harian yang menyenangkan, di antara apa-apa yang bikin mumet kepala (sok mumet, padahal cuma ulangan dan ngerjain PR tiap hari). Selain Elex Media yang komiknya rata-rata komik cowok, ada juga M&C! yang menerbitkan komik-komik dan sama-sama sepayung dengan Kompas Gramedia.

Salah satu komik yang mulai terbit sejak tahun 2002 silam adalah Hai Miiko. Awalnya Miiko diterbitkan di Jepang oleh sebuah penerbit besar bernama Shogakukan, tapi kemudian diterbitkan oleh M&C! dan dijual di Indonesia. Sebenarnya cerita Miiko ini sederhana banget, tentang seorang anak kelas 5 SD bernama Miiko Yamada dalam kesehariannya bersama keluarga dan kawan sekolahnya. Miiko seringkali minder karena tubuhnya lebih pendek dari anak seumuran, dan tak jarang dikira siswi kelas 2 SD! Ono Sensei juga kerap kali mendapat inspirasi dari kesehariannya. Beliau selalu berusaha mendekatkan pemikirannya dengan pikiran anak-anak, untuk bisa membuat cerita Miiko. Bahkan salah satu cerita dari komik terbaru Miiko, terinspirasi dari anak beliau sendiri.

Di Indonesia khususnya, ternyata penggemar Miiko sudah banyak –dan tidak hanya dari kalangan perempuan. Laki-laki juga ada yang suka baca Miiko, dan ketika Ono Sensei diberitahukan tentang ini di lokasi kemarin, dia tersenyum lebar dan mengatakan bahwa tidak menyangka Miiko begitu memikat di Indonesia. Ia mengatakan bahwa ia sangat menyayangi para pembacanya di Indonesia dan berharap Miiko akan selalu berjaya di hati para pembaca Indonesia. Selain itu, konon katanya pembaca Miiko di luar Jepang itu yang paling banyak memang di Indonesia sini. Terbukti sih dari keriuhan acara Meet & Greet yang digelar 2 hari berturut-turut di 3 tempat di Jakarta kemarin. Aulanya penuh, dan peserta bersorak gembira ketika Ono Sensi muncul dari belakang panggung.

Eriko Ono, sang komikus yang mulai menggambar Miiko pada tahun 1989 ini, adalah seorang perempuan yang saya tilik mungkin umurnya mendekati lima puluhan tahun. Ia lahir pada tanggal 5 Mei, dan menyukai Sushi, Apel, dan tahu. Sebelum terbit di Indonesia, Miiko juga sempat dimuat di Majalah Ciao pada tahun 1995 dan dibuatkan animasinya tahun 1998, lho! Terus pada tahu nggak, kalau ternyata Komik Miiko juga pernah mendapat penghargaan? Namany Shogakukan Manga Award.

This slideshow requires JavaScript.

Pada kesempatan kali ini, saya juga mendapatkan 1 eks komik Miiko volume 29 (yang paling baru terbit beberapa waktu lalu). Saya suka membaca membaca Miiko salah satunya karena Miiko itu lucu dan menggemaskan. Saya juga baru memperhatikan bahwa pakaian-pakaian Miiko memang unik-unik dan modis banget untuk ukuran anak seusianya. Apa anak di Jepang memng semodis itu, ya? Saya mengikuti cerita Doraemon, jarang melihat Shizuka mengenakan pakaian yang modis dalam kesehariannya, hanya ada pakaian merah jambu kemayu itu. Hahaha.

Terus yang bikin gemas juga adalah Mamoru –adik lelaki Miiko yang duduk di kelas 4, dan pacarnya. PACARNYA! Hahaha. Ono Sensei juga mengatakan bahwa kisah pacaran dalam komiknya –terutama Kenta dan Yuuko itu tidak relevan dengan kondisi anak-anak Jepang yang sebenarnya. Anak di Jepang sangat pemalu. Wah, beda jauh sih ya berarti sama kedua pasangan ini. :p Tapi ceweknya Mamoru itu memang manis, namanya Yuka-chan, dan mereka berdua selalu so sweet banget. Meski Tappei dan Miiko juga nggak kalah manis, sih, kisahnya. Tappei ini seorang kawan sekelas Miiko yang kelihatannya bandel dan cuek tapi selalu memperhatikan Miiko. Disinyalir, ia memang menyukai Miiko tapi si Miiko-nya terlalu polos untuk menyadari. Misalnya, kalau ada kejadian apa pun dan Miiko kesulitan, pasti selalu Tappei yang bantu. Menurut Tappei, meski Miiko kekanakan, tapi ia memiliki hati yang baik. Aw!

Di awal komik Miiko, hanya ada Miiko dan Mamoru sebagai adiknya. Tapi di beberapa komik belakangan ada Momo –adik Miiko yang masih bayi sekaligus anak paling bungsu dalam keluarga. Di komik 29 Momo sudah bisa jalan dan menirukan banyak hal. Duh, lucu banget, deh. Coba baca aja sendiri. Gemes lihat bayinya~

This slideshow requires JavaScript.

Kemarin juga sempat ada pertanyaan, apakah Ono Sensei akan terus menggambar komik Miiko bahkan sampai nanti Miiko masuk SMA. Menurut beliau, tentu suatu hari saya akan menggambarkan Miiko ketika SMA. Namun Ono Sensei juga tidak bisa memastikan kapan. Dan hadirin langsung riuh dan bertanya apakah Miiko akan tetap bersama Tappei ketika SMA nanti? Saya juga penasaran gimana jadinya ketika mereka beneran SMA. Penasaran juga dengan hal-hal kecil; apakah Miiko akan tinggi, atau tetap jadi paling imut di antara kawan-kawannya, apakah ia tetap segitu atau semakin gembul lagi?

Ono Sensei sempat juga mengucapkan terima kasih atas antusiasme pembacanya di Indonesia. Sedikit bocoran juga, bahwa pada volume 30 nanti Miiko, Tappei, Mari-chan, dan Yoshida akan berkembang sedikit demi sedikit! Dan pertemuan hari itu diakhiri dengan sesi foto bersama serta tandatangan. Meski sayangnya beliau tidak menerima permintaan tandatangan di komik. Entah, mungkin sebagian orang tak ingin mencoret bukunya sendiri. Para peserta diberikan semacam board tipis berwarna kuning bertuliskan nama masing-masing. Inilah yang akhirnya ditandatangan dan digambari satu per satu oleh Ono Sensei. Pada kunjungan kedua setelah 2013 yang lalu ini, Ono Sensei juga memilih 5 pembaca yang beruntung untuk makan siang bersamanya.

Jadi penasaran, apakah nanti akan ada Meet & Greet selanjutnya. It was really fun, sebab saya tak pernah membayangkan akan bertemu dan berhadapan langsung dengan seseorang dari luar, yang karyanya saya baca. I mean, saya pikir itu agak kejauhan, tapi ternyata M&C! Comics bisa mewujudkannya bagi para pembaca Hai Miiko di Indonesia. 🙂

Advertisements

5 thoughts on “Ketemu dan Ngobrol Santai dengan Eriko Ono Sensei, Komikus Hai Miiko!

  1. Kalau bahas Miiko ingetnya malah film buatan Radit. Malam Minggu Miko. Eh, ini mah double “i”, ya. Maaf-maaf. :))
    Padahal tau komik ini, tapi kok gue gak pernah baca, ya. 😦 Woh, terbit di Majalah Ciao pas tahun kelahiranku. Oke, ini gak penting. Wqwq.

    Kalo film Doraemon mah emang bajunya gak pernah ganti deh. 😀

    • Mungkin karena komik ini dr tampilan luarnya bukan ‘cowok banget’ jadi malah lebih tertarik baca komik lain, mungkin? 😛

      Begono, ya? Kadang ganti sih tp jarang. Di edisi spesial doang biasanya. Di Doraemon Petualangan biasanya. Haha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s