Ketika Bosan Menulis Review

Gambari dari sini

Serem juga ya judul postingan ini 😛

Tapi memang yang saya maksudkan seperti itu. Ada kalanya saya merasa bosan pada sesuatu yang biasanya saya sukai. Pasti ada. Sebab itu manusiawi, dan saya orangnya realistis. Wong mencintai seseorang aja pasti ada bosannya, apalagi hanya sekadar menulis review di blog. Hihi.

Jadi, beberapa hal yang biasanya saya lakukan jika bosan menulis review adalah:

  1. Berhenti sejenak
    Ini kerap saya lakukan jika bosan menulis review buku. Apalagi jika saat itu saya membaca buku-buku yang malesin banget. Sebagai pembaca, tentu kita semua punya selera masing-masing, mengenai buku apa yang kita suka. Dan, kadang membaca buku seperti bermain judi pula –kita tidak tahu apakah kita akan menyukai buku tersebut atau tidak. Bahkan jika salah satu teman sudah merekomendasikannya dan bilang ‘buku ini elo banget’ pun ternyata tidak seratus persen menjamin kita akan bisa menikmati bukunya. Ops! So, berhenti sejenak dari kegiatan menulis review. Waktunya bisa diisi dengan membaca buku, terus membaca buku, tapi nggak masalah kalau menunda menulis review-nya. Toh saya bisa membuat kopekan yang berisi catatan-catatan kecil tentang buku tersebut, kemudian menggunakannya ketika sudah mendapat ilham untuk menulis ulasan.
  2. Menulis opini
    Yang ini biasa saya lakukan di blog pribadi. Ralat, sebagian besar saya lakukan di blog pribadi. Sebab opini itu pasti luas sekali yang dipikirkan. Saya bisa saja kebetulan kepengin membandingkan pelayanan kasir minimarket A dan minimarket B. Atau saya bisa saja sedang ingin bercerita mengenai taman-taman yang ada di Jakarta. Atau jika opini yang melintas itu tentang buku, saya pasti menuliskannya di sini. Ya, kayak postingan begini ini, lho. 😀
  3. Mengerjakan hal lain
    Ini lebih luas lagi, sih. Nggak bisa saya sebutkan jenisnya satu per satu. Biasanya musiman tergantung saya sedang ingin ngapain. Pernah sekali waktu, saya mualas sekali baca buku –apalagi menulis ulasan. Akhirnya saya menghabiskan waktu untuk membuat boneka flanel. Masih belum sempurna bentuknya. Tapi saya bahagia saja bisa mencoba hal yang baru.

Seperti malam ini, saya sedang merasa amat bosan. Buku Manjali dan Cakrabirawa karya Ayu Utami –yang seharusnya saya baca untuk baca bareng bulan depan, sudah saya bawa ke mana-mana. Tapi pada akhirnya hanya teronggok di dalam tas, sebab saya tidak berminat membuka lembar pertamanya. Bukan karena tak menarik atau tak suka. Justru saya mengincar buku ini sejak lama, dan respon teman atas buku ini cukup bagus. Hanya saja, saya cuma sedang malas.

Kemudian, karena iseng, saya meng-install Soundcloud di gawai. Akun itu sudah ada sejak lama, tapi tidak ada isinya. Saya bingung juga jika menggunakan aplikasi basis suara atau video. Sebab suara saya tidak bagus dan tidak merdu, saya enggan bernyanyi –walau, ya, saya suka bernyanyi di kamar mandi, sih.

Kemudian saya terpikir untuk mengisinya dengan potongan buku. Lebih tepatnya saya membacakan cuplikan buku yang saya sukai, ditambah backsound sesuai dengan tema/cerita buku tersebut.

Konsepnya mungkin seperti audiobook, tapi agak berbeda sedikit. Audiobook biasanya membacakan satu buku, tapi saya lebih senang membacakan bagian favorit saja; bisa 1 halaman, bisa 2 halaman, atau barangkali bisa hanya 2 paragraf pendek saja. Kemudian, rekaman itu saya simpan dan saya edit lagi untuk menambahkan musik yang sesuai, agar kedengarannya lebih bagus.

Tapi berhubung saya sadar suara saya memang tak sebagus itu, akhirnya saya berencana (setidaknya mulai malam ini) untuk rajin membacakan kutipan atau lembaran buku yang saya suka di Soundcloud. Entahlah, apakah besok saya masih menginginkan ini. 😛 Saya orangnya bosenan, sih!

 

4 thoughts on “Ketika Bosan Menulis Review

  1. Agak mirip. Saya suka nyoba-nyoba banyak berbagai hal, tapi kalau udah dijalani yaudah gak diterusin lagi, gak benar-benar ditekuni. Hehe. Dan berbagi opini itu memang asik, melihat orang yang pro dan kontra dengan gagasan kita sangat menyenangkan. 😀

Leave a Reply

