#LingkarKemang – Belajar Mengatur Waktu bersama Zivanna Letisha

Bersama Mas Achmad Zaky dan editor Gagas Media saat penyerahan mock up buku

Kak Zivanna Letisha bersama Mas Achmad Zaky dari Buka Lapak dan editor Gagas Media saat penyerahan mock up buku

Pada hari Jumat (22/4) lalu, saya menghadiri acara Lingkar Kemang di kantor Buka Lapak. Di sana, Kak Zivanna Letisha launching buku barunya yang berjudul Trik Juara Mengatur Waktu. Selain Kak Zizi, hadir juga Mas Achmad Zaky selaku CEO Buka Lapak.

Di sana, Kak Zizi bercerita tentang trik jitu mengatur waktu. Coba bayangin, kita semua sama-sama punya waktu 24 jam, tapi mengapa ada orang yang berhasil dan ada orang yang biasa saja? Kalimat pembuka dari Kak Zizi membuat saya mikir, bener juga. Dari presiden, artis, pengusaha, sampai staf biasa, semuanya punya waktu yang sama, tapi mengapa ada yang bisa sukses di usia muda, dan ada yang masih jadi staf selama bertahun-tahun?

Rahasia kecilnya adalah mengatur waktu. Hal ini dibenarkan Mas Achmad Zaky, bahwa selaku CEO beliau juga harus pintar-pintar membagi waktu dari pagi hingga malam, sebab membawahi kurang lebih 300 pekerja Buka Lapak. Sedangkan Kak Zizi lebih senang membereskan semua urusan pentingnya di pagi dan siang hari, sehingga sore dan malam bisa punya lebih banyak waktu untuk beristirahat.

This slideshow requires JavaScript.

Buku Trik Juara Mengatur Waktu ditulis selama 5 bulan (diterbitkan GagasMedia), sedikit lebih cepat daripada buku pertama Kak Zizi —Buku Pintar Cewek Juara, yang terbit 2013 lalu, dan ditulis selama 8 bulan. Ternyata nggak butuh waktu lama juga untuk menyusun buku ini. Pertanyaan yang ingin saya ajukan ternyata diwakili oleh seorang peserta lain yang juga hadir di sana. Ia menanyakan, apa trik Kak Zizi untuk menulis buku tersebut dalam waktu 5 bulan saja.

“Trik menulis buku Trik Juara Mengatur Waktu adalah… ya, pintar mengatur waktu!” Kak Zizi menjawab sambil tergelak, dan spontan semua yang hadir juga tertawa. Ada benarnya.

Selain itu, menurut Kak Zizi support dan dukungan dari orang-orang terdekat juga penting agar kita lebih bersemangat mencapai sesuatu, walau supporter paling utama seharusnya adalah diri kita sendiri. Dan usahakan untuk mencapai satu tujuan saja, agar pikiran kita tidak bercabang dan lebih konsentrasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Mas Achmad Zaky pun menceritakan kisah di awal beliau membangun Buka Lapak. Waktu itu ada banyak tawaran job yang tak kalah menarik, tapi beliau memilih konsen untuk membesarkan Buka Lapak. Jadi, semuanya tetap butuh proses, sih,ya! Termasuk juga membangun usaha. Sebab nggak ada yang instan di dunia ini. Hihi.

dok. Gagasmedia

Saya tidak setuju jika ada yang bilang time is money, sebab waktu lebih berharga daripada uang. Uang bisa kita usahakan dan dapatkan lagi, sementara waktu tak bisa kembali. – Zivanna Letisha

Jadi, apakah selama ini kamu sudah pintar mengatur waktu? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s