BBI Quotes

Di hari keempat ini, jadwal kegiatan ultah BBI adalah memposting kutipan favorit. Karena bingung dan agak malas juga mengingat kutipan apa saja yang sudah saya favoritkan dari buku-buku yang saya baca beberapa tahun belakangan, akhirnya saya mengambil kutipan dari buku yang paling akhir saya baca.

IMG_20140410_212544

Kolonialisme itu, Cantik Bermata Indah, seperti hasrat cinta. Kadang, dia bersikap posesif dan muncul dalam bentuk monopoli. Kadang pula, dia mengobarkan kecemburuan dan muncul dalam bentuk perang dan kekerasan. Tetapi, lebih sering memancarkan kasih sayang dan muncul dalam bentuk pendidikan dan pembebasan. Kolonialisme tidak lebih dari percintaan antara Barat dan Timur. Barat yang agresif dan Timur yang pasif. – Hal. 39

Agak panjang ya untuk sebuah kutipan. Tapi saya tidak bisa menentukan batas di mana harus memenggal kutipannya. Sebab, rasanya akan janggal jika kalimatnya dipotong, agak menggantung. Buat saya, kalimat itu mendeskripsikan kolonialisme dengan padat dan jelas dalam 1 paragraf, dengan diksi yang cantik.

Kutipan ini ada di buku Rahasia Meede karya E.S. Ito yang saya baca untuk postbar BBI bulan lalu. Review lengkapnya bisa dicek di tautan link sebelumnya. Rasanya dengan review sepanjang jalan kenangan itu, saya sudah kehabisan kata-kata untuk mendeskripsikan bukunya. Yang jelas, mengulang apa yang pernah saya posting di Twitter (kalau tidak salah), barangkali buku ini akan menjadi salah satu buku favorit saya sepanjang tahun ini. Hehe.

Leave a Reply

