[Secret Santa 2015] Review dan Tebak Santa

Alohaaaa, nggak berasa Secret Santa kali ini sudah berakhir dan ini adalah waktunya untuk *jengjeng* tebak santa!

Tapi sebelum nebak, tentu harus posting review buku dulu, kan, ya. Nah, buku yang saya dapat dari Santa (Santa saya baik banget, ngasih 2 buku dari wishlist, hihi), bisa dicek di sini.

Oke, yuk kita mulai dengan buku pertama!

Judul: Tenaga Kerja Istimewa
Penulis: Naiqueen
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun Terbit: Oktober 2015 (Cetakan Pertama)
Harga: – (hadiah dari Santa)
Jumlah halaman: 376 hal.
ISBN:Β 9786022911203

*

Blurb:
Pilihan Annisa untuk menjadi TKI di Arab Saudi, membawanya pada kediaman keluarga bangsawan El Talal. Ia bekerja sebagai pelayan yang diwajibkan menuruti segala perintah majikannya. Termasuk, titah yang akan menjungkirbalikkan hidup Annisa, menjadi istri Pangeran Yousoef, putra keluarga El Talal. Tidak ada lamaran yang romantis. Tidak ada pula kesempatan untuk menolak.

Harusnya, ini mimpi indah yang menjadi kenyataan. Namun, tidak bagi Annisa. Hatinya hancur, harga dirinya seolah tidak ada lagi. Pernikahan impiannya telah direnggut dengan semena-mena oleh pria yang tidak dicintainya. Meski ketampanannya secara serentak membuat lemas lutut para wanita. Meski sikap dinginnya mengundang rasa penasaran para gadis di seantero Arab. Sang Pangeran bukanlah pilihan hatinya.

Tapi, Annisa dan Pangeran Yousoef tidak tahu cinta bisa menyelinap lebih cepat dalam hati dan mengubah sandiwara menjadi permainan yang melibatkan terlalu banyak emosi. Semuanya menjadi semakin pelik setelah perasaan itu datang tanpa mereka sadari.

*

Review:

Sebenarnya saya bukan tipe orang yang menggandrungi roman, tapi kali pertama melihat buku ini wara-wiri di Twitter Bentang Pustaka, saya agak sedikit penasaran karena merasa ceritanya beda dari roman yang lain. Dari blurb-nya kelihatan sih. Ini cerita tentang TKW yang mendadak jadi istri pangeran Arab, intinya.

Mungkin ulasan singkat saja, ya. Saya nggak mau juga terlanjur spoiler, walau saya pengin banget ngedongeng dari hasil baca buku ini. Hihi.

Sejujurnya, menurut saya awalnya agak buru-buru. Rentang dari Annisa bekerja sebagai TKW di Kerajaan sana, sampai Pangeran Yousef itu akhirnya ‘menodong’ dia jadi istri, kesannya buru-buru. Pertama, si pangeran nggak cinta. Kedua, pangeran itu kan ceritanya nyari pelarian karena baru patah hati sama mantannya yang bernama Putri Muna (sesuai namanya, princess satu ini memang sedikit munafik, sih, gaes). Ketiga, di antara banyak pembantu dan pelayan di kerajaan itu, saya rasa Pangeran akan berhati-hati memilih, tapi mungkin —ya sesuai deh sama roman seperti biasanya, karena Annisa ini diceritakan sangat cantik untuk ukuran orang luar Arab, itu jadi nilai plus mengapa Pangeran memilih dia. Tapi kan di sana pakai cadar, ya, gimana liatnya cantik atau tidak. Saya positif thinking lagi, mungkin lirikan matanya.

Lirikan matamuuu, menarik hatiii. *nyanyi di kedai kopi*

Pertengahan buku, ceritanya mulai stabil dan bagus, penokohannya ya juga lumayan. Hanya saja, saya merasa menjelang ending, penulisnya terlalu buru-buru lagi ingin selesai. Ini sering terjadi, mungkin sebagai penulis saya juga sering seperti ini. Terlalu terburu-buru ingin ceritanya kelar, lalu hasilnya malah yaelah. Menurut saya itulah yang terjadi pada ending Tenaga Kerja Istimewa. Saya nggak bilang endingnya jelek, lho, ya. Hanya saja, terlalu cepat saja rasanya. Naik-turun-naik-lalu langsung, HAH? Udahan? Bangke! πŸ˜›

Ah, saya nulis apaan sih ini. Begitulah pokoknya. Tadinya saya sudah berencana memberi rating 5 di Goodreads tapi saya kurangi lagi jadi 3 bintang, karena endingnya agak mengecewakan hati. Haha. Cuma memang, pengetahuan penulis mengenai kehidupan kerajaan Arab, dan istilah apalah itu yang saya ndak tahu, jadi nilai lebih buku ini.

*

Nah, sekarang kita beralih ke buku kedua, salah satu novel misteri-thriller yang sedang ngehits, terbitan Gagasmedia. Ada yang bisa nebak? *sodorin mic ke sisi kanan panggung*

Judul: Misteri Patung Garam
Penulis: Ruwi Meita
Penerbit: Gagasmedia
Tahun Terbit: Februari 2015 (Cetakan Pertama)
Harga: – (hadiah dari Santa)
Jumlah halaman: 284 hal.
ISBN: 978-979-780-786-3

*

Blurb:
Dia sangat sadis. Dan, dia masih berkeliaran.

Seorang pianis ditemukan mati,
terduduk di depan pianonya, dengan bibir terjahit.
Bola matanya dirusak, meninggalkan lubang hitam yang amat mengerikan.
Rambut palsu merah panjang menutupi kepalanya.
Sementara, otak dan organ-organ tubuhnya telah dikeluarkan secara paksa.

Kulitnya memucat seputih garam.
Bukan, bukan seputih garam.
Tapi, seluruh tubuh sang pianis itu benar-benar dilumuri adonan garam.

Kiri Lamari, penyidik kasus ini,
terus-menerus dihantui lubang hitam mata sang pianis.
Mata yang seakan meminta pertolongan sambil terus bertanya,
kenapa aku mati?
Mata yang mengingatkan Kiri Lamari akan mata ibunya.
Yang juga ia temukan tak bernyawa puluhan tahun lalu.

Garam? Kenapa garam?

Kiri Lamari belum menemukan jawabannya.
Sementara mayat tanpa organ yang dilumuri garam telah ditemukan kembali….

Dia sangat sadis. Dan, dia masih berkeliaran

*

Review:

Yak, sama seperti tanggapan pembaca lain yang sudah melahap buku ini duluan, saya sukaaaaa! Hihi. Pertama, karena mengambil sudut pandang polisi. Kedua, karena mahakarya penjahatnya artistik sekali. Ketika, pemilihan korbannya kebanyakan cewek-cewek kelas ‘elegan’, dan itu tandanya ndak sembarangan. Berikutnya, karena pengetahuan penulis (dan risetnya untuk novel ini) tentang garam tentu bisa diacungi jempol. Saya jadi tahu banyak, ketika membaca buku ini.

Ada banyak lagi alasan lain mengapa saya suka Misteri Patung Garam. Buat saya, thrillernya nggak setengah-setengah, tapi cukup total. Cukup sadis. Wanita dibunuh lalu seluruh organ dalamnya dikeluarkan, dan dibuat patung menggunakan teknik mumifikasi, itu kampret rebus banget! πŸ˜› Saya jadi ingat ketika baca Tiga Sandera Terakhir-nya Bang Bram *panggilan akrab* *ditampol pembaca lain* ada juga bagian serupa ini, dan cukup membuat mual, tapi justru menarik buat saya.

Intinya, saya selalu suka thriller yang nggak setengah-setengah, dan sampai sekarang saya juga masih berusaha bagaimana caranya untuk membuat kisah thriller yang nggak setengah-setengah, yang total. *sekalian curhat, haha*

Buat kamu yang nggak kuat baca pembunuhan sadis, ya sebaiknya siap-siap mental dulu. Soalnya ini cukup… iyuh. πŸ˜› Dan buat kamu yang suka sama thriller sadis, woh, ini bisa jadi bacaan asyik dan bikin penasaran sampai akhir.

Apalagi, ya. Saya nggak mau kasih spoiler, sih. Tapi hal terakhir yang mau saya bilang sebelum menutup ulasan ini adalah: ternyata tokoh polisi nggak kalah keren sama wartawan, ya. Hihi. Atau mungkin tergantung polisi di bagian apa dulu. Kiri Lamari (yang awalnya saya baca Kiri Lemari), adalah sosok yang cukup mengagumkan di mata saya. Di salah satu bagian, dia berkata pada pacarnya, “kamu kan tahu, ini risiko pacaran sama aku.” waktu dia harus mendadak keluar kota mengusut kasus. Hmm, jadi kesimpulannya, gaes, jadi pacar polisi itu kayak main film action. Selain hidup jadi berdebar karena kita ndak bisa menebak kapan dia dalam bahaya, juga kadang suka bikin kesel karena dia bisa berpindah tempat dalam waktu singkat HANYA untuk mengusut kasus yang nggak ada hubungan sama kehidupan pribadinya. Risiko kerja.

*Cari lakik polisi

*

Berikutnya, adalah bagian yang paling mendebarkan! Tebak Santa! Hihi. Jadi, siapa kira-kira sosok Santa baik yang sudah mengirimi saya tumpukan hadiah ini?

Yuk kita lihat ulang riddlenya.

Riddle di atas adalah susunan kode binner. Karena di tiap kantor ada tim IT, ini tidak susah lagi. Karena saya waktu itu mengirimi teman saya foto ini dan menanyakan benarkah ini kode binner. Beliau menjawab, ya benar. Dan sebenarnya kode ini bisa dipelajari orang awam. Ada banyak petunjuk di Google. Hihi.

0100000101001110

repeat the first 010100110

1010100 repeat the first

Repeat the fourth 01001001

Repeat whatever repeated twice.

Yang kemudian saya pilah menjadi:

01000001 = A

01001110 = N

repeat the first= 01000001 = A

01010011 = S

01010100= T

repeat the first= 01000001 = A

Repeat the fourth 01010011 = S

01001001 = I

Repeat whatever repeated twice = 01000001 = A

Dari susunan tersebut, saya ngecek lagi list peserta SS, siapa saja yang bernama Anastasia, atau minimal ada ‘Anastasia’ dalam unsur namanya. Kemudian saya menemukan nama:

Anastasia Cynthia
http://janebookienary.wordpress.com
@frostbitiggy

Apa saya benar? Atau saya salah?

Kita tunggu pengakuan Santa, hahaha.

20 thoughts on “[Secret Santa 2015] Review dan Tebak Santa

  1. Halo, halo, Kak Mput. Tebakan kakak benar sekali πŸ™‚ Oya, salam kenal ya sebelumnya. Selama ini saya jumpa kakak di timeline Twitter aja, sembari meng-stalking cuit-cuitannya. Sekarang baru deh bisa membuka jati diri sebenarnya.

    Btw, membaca review kakak yang Misteri Patung Garam itu, saya jadi ikut penasaran sama bukunya.

  2. Cie Mput, mau cari Omar Borkan yaa hahahaha :)))) (ga tau nama bener atau salah, tapi itu lho si Arab ganteng yang diusir karena terlalu ganteng katanya :)) )

    Kalau Misteri Patung Garam, udah ada di lemari buku =)

  3. aku penasaran sama si patung garam ini. model2 thriller silence of the lambs gitu ya kayaknya *sotoy* btw selamat mputtt berhasil menebak santa. kamu cocok bersanding dengan si lemari πŸ˜€

Leave a Reply

