Review: Surat Panjang Tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya – Dewi Kharisma Michellia

Judul: Surat Panjang Tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya
Penulis: Dewi Kharisma Michellia
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Juni 2013 (Cetakan Pertama)
Harga: Rp – (ambil di bookswap IRF 2015)
Jumlah halaman: 240 hal.
ISBN: 9789792296402

*

Blurb:

Ada surat panjang yang terlambat sampai.
Tanpa nama pengirim, dan hampir basah oleh tempias hujan.
*
Sejak kecil kita berdua merasa diri kita adalah alien-alien yang tersesat ke Bumi.
Pria itu sudah melupakan seorang teman masa kecilnya saat sebundel amplop itu sampai di beranda rumah.
Kalau kau perlu tahu, aku hanya punya satu macam mimpi. Aku ingin tinggal di rumah sederhana dengan satu orang yang benar-benar tepat. Bila memang aku harus mencurahkan seluruh perhatianku, kepada satu orang itulah hal itu akan kulakukan.
Ia bahkan sudah melupakan mimpi-mimpi masa kecil mereka.
Berpuluh-puluh tahun lamanya, bahkan sejak kali pertama bertemu, aku telah memilihmu dalam setiap doaku. Sesuatu yang tak pernah kauketahui bahkan hingga hari ini. Dan bila kau suruh aku pergi begitu saja, di usiaku yang lebih dari empat puluh ini, aku mungkin telah terlambat untuk mencari penggantimu.
Dan ia tak tahu teman masa kecilnya itu masih mencintainya.
*
Surat-surat itu menarik pria itu ke masa lalu.
Hingga ia tahu, semuanya sudah terlambat.

*

Review:

Awalnya menemukan novel ini di meja bookswap di IRF 2015 kemarin. Sebenarnya, nggak sengaja juga meraih buku ini, sebab merasa tidak ada buku lain yang menarik di atas meja. Dan karena mendengar komentar beberapa teman bahwa Surat Panjang tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya memang bagus. Saya rasa tak ada salahnya mencoba, dan sisanya adalah keberuntungan.

Surat Panjang adalah sebundel surat yang ditulis seorang gadis (tokoh utamanya) dari rentang 2008 hingga 2011. Banyak hal-hal sedih yang diungkapkan sang gadis di dalam suratnya.

Surat itu ditujukan untuk lelaki yang dipanggil Tuan Alien –sahabat masa kecilnya. Ia mengungkapkan bagaimana perasaannya semenjak Tuan Alien mendadak pergi dari kehidupannya, setelah pesta topeng di masa kuliah mereka. Hingga kemudian Tuan Alien melayangkan sebuah undangan pernikahan beserta kebaya murah ke apartemennya. Gadis itu hidup dalam rasa kecewa, sebab merasa Tuan Alien bukanlah lelaki yang dulu ia kenal. Namun, ia tetap menuliskan surat-surat agar bisa dibaca sang alien. Ada 37 surat, yang kelamaan makin muram dan pendek kalimatnya, karena ditulis mendekati ajal si gadis. Namun, ia tak mau berhenti menulis, sebab sudah berjanji pada dirinya sendiri untuk menuliskan surat yang sangat panjang. Di dalam surat-surat itu, saya menemukan banyak cerita. Bahkan ada nama-nama penulis beserta buku yang sepertinya wajib baca. Bahkan ada nama John Hersey (penulis Hiroshima) dan Jorge Luis Borges yang legendaris itu. Melalui surat-surat ini, saya seolah masuk ke dalam dunia si tokoh utama, meresapi bagaimana kesendiriannya, bagaimana kesedihannya, dan bagaimana kegiatannya sehari-hari. Semuanya melebur, seperti sepaket kotak pandora. Saya seperti mengikuti perjalanan hidup seseorang dalam dunia nyata, terjun dalam kisah-kisah yang dia ceritakan.

Selalu suka prosa dengan kalimat sederhana tapi penuh makna seperti ini, sebab tak butuh kalimat hiperbola untuk menghasilkan tulisan yang bagus. Kadang, hanya butuh kalimat yang tepat saja.

Komentar akhir saya mengenai buku ini, Surat Panjang sungguh layak masuk ke jajaran pemenang unggulan sayembara novel DKJ. Surat sederhana yang ternyata merangkum sebuah kehidupan 🙂

5 bintang untuk Surat Panjang dan Dewi Kharisma Michellia.

*

Sampai ketemu di pesta lain, Tuan Alien. Karena kita adalah wujud-wujud wajah yang imortal. Selamanya hidup di dunia dan hadir di pesta-pesta. – Hal. 230

Advertisements

4 thoughts on “Review: Surat Panjang Tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya – Dewi Kharisma Michellia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s