REVIEW: Baca Ini Kamu Pasti Kuliah Ke Luar Negeri – Tim JKLN

IMG_20150927_095745

Judul: Baca Ini Kamu Pasti Kuliah Ke Luar Negeri
Penulis: Tim JKLN
Penerbit: Inspira
Tahun Terbit: Agustus 2015 (Cetakan Kelima)
Harga: Rp. 157.000,-
Jumlah halaman: 300 hal. (Hard Cover)
ISBN: 978-602-0829-26-5
Pemesanan: di sini

*

Kamu pernah bermimpi akan kuliah di luar negeri? Sekilas, orang-orang mungkin akan berpikir bahwa kuliah di luar negeri hanya mungkin bagi mereka yang datang dari keluarga berada, yang bingungnya malah memilih negara mana yang asyik untuk dituju, bukan bingung mikirin gimana biaya hidup selama di sana, gimana biaya sekolah di sana, dan lainnya. Tapi sebenarnya selalu ada jalan jika kamu mau. Ini basi, tapi benar.

Beberapa hari lalu saya mendapat kiriman buku ini di kantor. Begitu saya buka bungkusannya, saya merasa ini semacam kode, karena saya juga pernah ingin kuliah ke luar negeri. Kalau saya mengikuti ego, saya suka hollywood yang hingar bingar itu, tapi kalau saya mengikuti logika, sepertinya Belanda oke juga.

Oke, lewatkan dulu curhatnya.

IMG_20150927_095659

Buku merah meriah dan hard cover ini berisi semacam tutorial sekaligus cerita-cerita penyemangat buat kamu yang pengin kuliah ke luar negeri, tapi nggak tahu harus mulai dari mana. Lengkap juga dengan ebook mengenai beasiswa, pengalaman mahasiswa-mahasiswa Indonesia selama berada di luar, dan sebagainya. Oops! Dan di sini juga ada bahasan mengenai bahasa inggris, mengurus paspor & visa, plus bonus road map tjantik yang bisa ditempel di kamar sebagai pengingat cita-cita, hahaha.

IMG_20150927_095903

IMG_20150927_095943Ada satu kisah yang paling menarik menurut saya. Ketika saya membaca tentang Mbak Amalia Febriana yang tengah menempuh S3 di Belanda. Katanya populasi orang Indonesia di Eropa itu paling banyak di Belanda, makanya di sana juga banyak menjual makanan-makanan Indonesia. Dan kalau kamu kangen Indonesia, kamu tinggal ngumpul sama saudara-saudara setanah air yang ada di sana. Wah, mungkin ini semacam Philadelphia-nya Amerika kali, ya? Setahu saya itu juga wilayah yang Indonesia banget di Amerika sana.

Satu hal yang selalu saya takutkan dari beasiswa adalah, saya takut kelamaan tak sanggup lagi memenuhi tuntutan untuk menjadi anak cerdas. Apalagi di luar negeri. Jika kamu mendapat beasiswa dalam negeri, kemudian terhenti, mungkin tak mengapa, karena kamu ada di kampung halaman sendiri. Tapi ketika beasiswamu terhenti ketika kamu di negeri orang, bayangan paling buruk dalam kepala saya adalah saya takkan bisa kembali pulang lagi karena terlunta-lunta di sana. Hahaha. Tapi ternyata di luar negeri itu banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan part time. Mulai dari jadi pengasuh, cleaning service, sampai menjadi social media specialist, blogger, pengajar bimbingan online, atau bahkan menjual barang-barang di festival tertentu.

IMG_20150927_095814

Satu hal lain yang tak boleh kamu lupakan adalah, setiap orang yang baru tiba ke negara baru bisa saja mengalami culture shock, mungkin karena tak terbiasa dengan adat istiadat, cuaca, kebiasaan, dan sebagainya. Jadi pastikan kamu mengenal dengan baik negara yang akan kamu tuju, sehingga tidak perlu berlama-lama untuk bisa beradaptasi dengan tanah mereka.

Ada banyak sekali sebenarnya yang bisa saya ceritakan dari buku ini, tapi ruangnya terbatas, jadi silakan baca langsung 😛 Tenang aja, bukunya asyik untuk dibawa ke mana-mana soalnya hard cover, jadi nggak akan lecek atau kelipat-lipat kalau masuk tas atau dibaca di kereta *ketahuan deh bacanya di mana* 😛

Dan seperti yang saya katakan, ada CD E-booknya juga, kalau kamu tak puas hanya membaca, kamu bisa pritilin e-book mereka juga.

Nah, masih takut kuliah ke luar negeri? 😀

Advertisements

2 thoughts on “REVIEW: Baca Ini Kamu Pasti Kuliah Ke Luar Negeri – Tim JKLN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s