REVIEW: Vampir Broken Heart – Michele Bardsley

Judul: Vampir Broken Heart
Penulis: Michele Bardsley
Penerjemah: Angelic Zaizai
Penerbit: Fantasious
Tahun Terbit: Mei 2015 (Cetakan Pertama)
Harga: Rp 69.900
Jumlah halaman: 433 hal.
ISBN:9786020900377

*

Blurb:

“Aku tahu apa yang kutahu, kalau kau membuka hatimu untukku kau akan mengetahui hal yang sama.”

Jessica Matthews tak lagi percaya pada cinta, setelah Rich selingkuh darinya. Ketika serpihan-serpihan hatinya belum tersatukan, mimpi buruk terburuk yang pernah ada menimpa dirinya. Suatu malam, ketika sedang membuang sampah, sesosok makhluk berbulu menyerang dan menggigit dirinya, membuatnya nyaris mati. Seandainya tak ditolong oleh Patrick, si vampir Irlandia nan tampan penuh kharisma, sudah pasti Jessica akan tewas. Namun, semua itu ada bayarannya. Jessica tak diberi pilihan, dan terpaksa menjadi vampir.

Siapa yang tak ingin hidup abadi? Apalagi jika ada laki-laki gagah dan tampan yang bersedia menemani, menyebutnya sebagai belahan jiwa yang selama ini telah ditunggu-tunggu? Tapi sayangnya, menjadi makhluk abadi pun tak selamanya menguntungkan, terutama mengenai berpasangan. Ada peraturan yang mengharuskan vampir untuk terikat selama satu abad seandainya mereka ingin berpasangan, sementara benih-benih cinta yang Patrick berikan untuknya kian mekar.

*

Review:

Awalnya tertarik sama buku ini karena warnanya yang pinky dan memang eye catching banget. Dan setelah dibuka, ternyata layoutnya juga bagus. bener-bener beda sama blurbnya yang katanya cerita vampir. Sebenarnya jarang baca terjemahan apalagi fantasi, tapi Vampir Broken Heart ini ceritanya cukup keren, jadi nggak bosan bacanya. Beberapa bagian ada yang lucu juga. Dan, oh, jangan lupakan covernya yang seksi itu. Yang lebih lucu lagi, kalau kalian membacanya sambil membayangkan visual kayak animasi Hotel Transylvania.

Perfect.. lucunya.

Vampir Broken Heart adalah novel pararom (dengan sedikit bumbu komedi, sih) yang bercerita tentang Jessica Matthews, seorang janda di umur tiga puluhan yang punya 2 anak. Suaminya baru saja ketahuan affair sama perempuan lain yang lebih muda, sebelum akhirnya meninggal karena kecelakaan. Jessica adalah wujud perempuan patah hati yang menyimpan amarah dalam dirinya. Dia patah hati, sedih, dan sekaligus kesal pada perempuan yang mengganggu rumah tangganya. Suatu malam, seekor binatang buas menggigitnya. Harusnya Jessie mati, tapi sesosok Vampir bernama Patrick O’Halloran datang dan menyelamatkan Jess, membuat perempuan itu berubah jadi vampir.

Mereka –vampir-vampir itu ternyata sudah mengubah beberapa orang lainnya yang punya kasus sama seperti Jessie, nyaris mati diterkam monster. Kemudian, mereka harus terbiasa dengan kehidupan yang baru, makhluk abadi yang hidup di malam hari. Minum darah, tidak makan makanan manusia, dan akan hangus jadi abu jika terkena cahaya matahari. Semuanya mungkin akan lebih mudah, kalau saja mereka tidak punya anak-anak fana, yang masih belum mengerti rumitnya perubahan manusia menjadi vampir. Termasuk Jenny dan Bryan, anak Jessie.

Ceritanya menarik, karena setelah Twilight yang roman abis itu berakhir di film terakhirnya, Vampir Broken Heart datang dan seolah menawarkan cerita vampir versi baru. Dan Vampir di sini berasal dari cerita-cerita legenda Irlandia (bahkan ada potongan kisahnya, dan tokoh legenda itu benar adanya di dalam buku ini. Terbukti dengan tokoh Patrick yang dikisahkan sudah berumur 4 ribu tahun, yang artinya lebih tua dari sejarah lain).

Lumayan buat bacaan hari Minggu. Yang jelas, Jess dan Patrick adalah pasangan yang manis, dan lebih manis lagi karena ada Bryan & Jenny. *cemilin sereal*

Terjemahannya juga bagus, rapi, nggak bikin bingung pas dibaca. Mungkin beberapa orang enggan menampilkan nama penerjemah di review, tapi gue harus menuliskannya. Karena gue menganggap itu sebagai penghargaan untuk penerjemahnya. Selain penerbit, penerjemah yang paling berperan penting membuat sebuah buku enak dibaca. Haha, soalnya pernah baca buku yang terjemahannya bisa dibilang nggak banget. Dan, ya, tahu sih, menerjemahkan juga pasti nggak mudah.

Btw, buku ini serial nggak sih? *abis ngintip web penulisnya*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s