#PostBar – Selamat Hari Buku Nasional 2015

Image dari sini

Image dari sini

Pertama-tama, sebelum semuanya, Selamat Hari Buku Nasional 2015! Bulan lalu, ketika saya ngecek kalender BBI, saya dan Nina ngobrol tentang Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei ini. Menurut yang saya baca di timeline @BentangPustaka, 17 Mei dipilih sebagai #HariBukuNasional karena bertepatan dengan berdirinya Perpustakaan Nasional (Perpusnas) tahun 1980.

Jadi tema yang kami -Divisi Event BBI, pilih kali ini adalah mengenai buku lokal. Bebas posting apa saja tentang buku lokal. Kebetulan tadi pagi sempat foto buku-buku lokal koleksi sendiri. Hehe.

Ini juga kesayangan :p koleksi Remy Sylado :p

Ini juga kesayangan :p koleksi Remy Sylado :p

Koleksi sastra Fira Basuki

Koleksi sastra Fira Basuki

Dua buku puisi favorit saya, karya Esha Tegar :)

Dua buku puisi favorit saya, karya Esha Tegar 🙂

Saya sendiri tipe orang yang lebih suka baca buku lokal ketimbang buku impor, walau, ya, sesekali saya juga tentu baca buku impor. Alasan mainstreamnya, karena saya lebih suka setting, penokohan, dan suasana yang lebih saya kenal. Karena menurut saya, novel impor membuat saya harus meraba-raba ketika membacanya. Settingnya pasti negeri nan jauh di sana, yang tidak pernah saya datangi (sebagian besarnya). Jadi, butuh effort membayangkan settingnya terutama. Walau, ya, novel lokal juga ada yang bersetting di luar negeri, tapi tetap tokohnya kan masih orang Indonesia.

Sedangkan alasan jumawanya, karena saya pikir, kita harus tahu budaya dan kekayaan negeri sendiri sebelum hapal pada budaya orang lain. Misalnya, budaya Korea yang sedang menjamur. Beberapa anak muda  bahkan lebih lancar berbahasa korea ketimbang bahasa daerah. Ini mungkin terdengar kuno, tapi memang kenyataannya generasi kita adalah generasi yang lebih bangga pada budaya orang ketimbang budaya sendiri. Hehe. Terus masih ngomel kenapa kita nggak maju-maju. Hastagnya kira-kira begini: #YaMenurutNganaAja

Ada beberapa penulis yang saya koleksi bukunya, sebagian besar sastra. Remy Sylado, Sekar Ayu Asmara, dan Fira Basuki adalah beberapa penulis yang karyanya berjejer di lemari buku di kamar saya. Entah mengapa, ketiganya punya ciri khas sendiri, yang selalu berhasil membuat saya takjub ketika membacanya. Misalnya Remy Sylado dengan balutan kebudayaan yang kuat di tiap novelnya, Sekar Ayu Asmara dengan imajinasinya yang out of the box, dan ketika saya membaca novel pertama Dwilogi Astral Astria milik Fira Basuki, saya tahu banyak mengenai warga dan kebudayaan di Dieng.

Bagi saya, semua itu ajaib. Saya membacanya, saya mengaguminya, dan rasanya semua itu lebih mungkin untuk saya lihat dalam waktu dekat. Selain karena settingnya masih di dalam negeri, tak butuh waktu lama untuk mencapai tempat tersebut (kalau kita memang niat dan penasaran pengin datang). Saya pernah ke Makam Belanda di Kebun Raya Bogor, hanya untuk mencari makam Adriana Van den Bosh usai membaca novel Adriana milik Fajar Nugros dan Artasya Sudirman (Adriana versi awal, sebelum difilmkan).

Bagi orang lain mungkin itu kurang kerjaan, bagi saya itu petualangan. 😛 Karena kita bisa melihat apa yang kita baca di buku, melihat apa yang kita kira hanya imajinasi.

Jadi, kalian punya cerita apa mengenai buku lokal?

4 thoughts on “#PostBar – Selamat Hari Buku Nasional 2015

  1. Kalau aku gak gitu masalah sih soal latar, malah kadang bosen kalau terlalu ngebahas soal pemandangan dan semacamnya *anaknya gak pedulian *ditendang

    Aku agak males baca buku karya penulis Indonesia yang setting-nya luar negeri, tapi aku suka karyanya Ilana Tan XD

  2. Saya juga penggemar Remy Sylado dulu, tapi sekarang udah nggak karena buku terbaik dia, menurut saya, masih Ca Bau Kan, yang terbitnya udah lama. Sekarang saya penggemar Eka Kurniawan hehe….

    Tentang generasi kita, aneh memang. Misalnya banyak orang memuja Amerika. Amerika kan gak punya apa-apa, makanya sekarang gencar promosi budaya, soalnya masih baru-baru aja dia. Mestinya mereka yang ngefans ama kita. 😀

Leave a Reply

