[Talking With Author] – Rhein Fathia

Foto: dok. pribadi penulis

Foto: dok. pribadi penulis

Yap, setelah selesai membaca Gloomy Gift, gue jadi penasaran sama penulisnya (modus aja, padahal udah kenal juga) 😛

Terus akhirnya gue sempat nanya beberapa hal ke Rhein Fathia. Sebelumnya, terima kasih juga karena Rhein sudah berkenan meluangkan waktunya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini ^^

  1. Sejak kapan mulai suka menulis?

Dari SD kelas 4 atau 5 gitu, setelah dikasih kado buku diary unyu sama Tante, saya mulai rutin nulis hampir tiap hari.

  1. Siapa yang paling mendukung hobi nulis Rhein?

Keluarga, terutama adik-adik, yang biasa jadi teman brainstorming ide dan penyedia informasi kalau butuh bahan riset. Mereka lebih pintar dari saya soalnya.

  1. Selain fiksi, biasanya nulis non fiksi juga (artikel, essay, dsb)?

Nulis curhat (karena kisah saya bukan fiksi), terutama di blog.

  1. Genre yang Rhein suka? Apakah sama selera Rhein terhadap genre bacaan dengan genre yang ditulis?

Kalau nulis, genre fiksi terutama romance. I love to write about love. Kalau bacaan, saya lahap semua jenis genre, kecuali horor hantu. Karena saya tidak percaya hantu dan klenik.

  1. Punya jam-jam khusus untuk menulis?

Pagi untuk nulis, bisa dari subuh atau setelah sarapan, pokoknya sebelum jam 12 siang. Kalau malam biasanya baca buku dan ide-ide bermunculan saat bintang-bintang muncul di langit #halah. Jadi malam cari ide, paginya nulis.

  1. Menurut Rhein, di mana tempat paling nyaman untuk menulis?

Kamar sendiri dan kafe deket rumah. Untunglah deket rumah, hemat ongkos, Bebeb. Kopi dan musiknya juga enak (kok malah promosi).

  1. Apa latar belakang dari ide cerita Gloomy Gift?

Apa ya… Motifnya sih pengen nulis action-romance karena saya emang suka baca dan nonton film dengan tema tersebut. Terus, salah satu sahabat saya di kampus itu istri dari pemilik perusahaan pembuatan kapal (kapal beneran lho, ya.. Bukan kapal dari kaleng warna-warni yang biasa muter-muter di atas air dalam baskom) dan suka cerita-cerita seluk-beluk bisnis mereka. Kalau ide romance-nya standar ala-ala film Hollywood favorit saya sih. Gabungan kedua ide tersebut yang menjadi dasar penulisan Gloomy Gift.

  1. Berapa lama proses riset untuk Gloomy Gift dan sejauh mana risetnya? Karena dari yang terbaca, sepertinya gambaran + kegiatan tokoh-tokohnya (terutama SYL) cukup detail dan lengkap.

Riset dan pembuatan plot kurang lebih 4 bulan. Untuk cerita seluk-beluk, strategi, dan kecurangan bisnis saya dapatkan dari materi kuliah. Kemudian banyak baca buku bertema serupa dengan Gloomy Gift, terutama serial Millennium by. Stieg Larsson dan serial In Death by. J.D. Robb. Interview dengan narasumber yang pernah terjun langsung ke lapangan. Dan, studi literatur baca buku sama jurnal creative writing terutama tentang crime fiction.

  1. Apakah ada halangan selama riset?

Alhamdulillah ngga ada halangan berarti. Semua narasumber bisa bekerjasama dengan baik (nyari narasumbernya aja yang awalnya blank). Bahan bacaan dan studi literatur juga membuat saya bisa masuk ke dalam cerita. Paling agak stress-nya gimana bikin deskripsi-narasi adegan action yang bisa memancing ‘film khayal’ pembaca. Karena menurut saya sangat tidak mudah sebuah adegan action yang biasa ‘dilihat/ditonton’ kemudian harus dialihkan dalam media yang ‘dibaca’.

  1. Butuh berapa lama rentang waktu dari mulai menulis Gloomy Gift, riset, hingga rampung dan terbit?

Riset 4 bulan, nulis+edit+revisi 8 bulan (total setahun), proses di penerbit sampai beredar di publik sekitar 6 bulan.

  1. Dari semua tokoh yang Rhein ciptakan di Gloomy Gift, tokoh mana yang paling disuka, dan mengapa?

Duh, susah kalau ditanya ini karena saya suka semua, sampai penjahat-penjahatnya. Soalnya semua tokoh benar-benar saya buat detail dengan ciri khas dan keunikan masing-masing agar tetap memberi kesan meski hanya sebagai figuran.

  1. Biasanya Rhein mencari inspirasi nama tokoh dari…? Dan di Gloomy Gift banyak nama rasi bintang bertebaran, kebetulan atau memang menyukai nama-nama tersebut?

Saya punya buku kumpulan nama berdasarkan nama benda langit, bahasa Sansekerta, dan unsur Arab (Islam). Lupa dulu ngumpulin dari mana aja. Hahaha.. Nama-nama rasi bintang dan bintang di Gloomy Gift nggak kebetulan, dong.. Itu juga dipikirkan baik-baik.

  1. Adakah penulis (lokal maupun penulis luar) yang Rhein idolakan tulisannya? Siapa, dan mengapa?

Penulis lokal saya suka Dewi Lestari dan Tere Liye. Setiap kali selesai membaca karya mereka, selalu membangkitkan semangat saya untuk menulis. Untuk penulis luar, saya penggemar Stieg Larsson karena detail dalam tulisannya sangat canggih. Meg Cabot yang humornya cerdas. Paulo Coelho atas filosfi-filosofi hidup di setiap karyanya.

  1. Pesan yang ingin Rhein sampaikan pada pembaca, atau mungkin sedikit tips untuk mereka yang ingin menulis novel?

Pesan untuk pembaca, jangan lupa dibeli buku saya sebelum kehabisan di toko buku. Kalau bisa beli yang banyak untuk kado-kado teman, saudara, dan tetangga. Untuk yang ingin menulis, pesan saya: JANGAN MALAS. Problematika penulis pemula sekarang, mereka jarang yang punya keinginan mencari tahu sendiri, inginnya bertanya dan dicekoki penulis lain atau editor. Kalau pun harus bertanya, tanyalah berdasarkan hasil bacaan atau riset yang sudah pernah dilakukan sebelumnya. Jangan hanya ingin disuapi tips-tips. Kemudian, banyak baca, belajar, dan rajin menulis. Hardwork and education never fail you.

  1. Deskripsikan seorang Rhein dalam 3 kata 😀

PEMALU. Pendiam. Manis. Lucu. kemudian dicubit-cubit gemes sama yang baca ini.

*

Rhein dapat dikontak di: www.rheinfathia.com atau @rheinfathia

image

image

Advertisements

4 thoughts on “[Talking With Author] – Rhein Fathia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s