Wishful Wednesday #10

Berhubungan dengan poin ketiga di postingan Joglosemar Babat Timbunan ini, gue memutuskan bahwa Wishful Wednesday hari ini adalah serial.

Sebenernya buku ini belum lengkap, karena yang terbit baru dua. Dan konon kabarnya lagi ditulis yang ketiganya. Gue belum punya satu pun, dan itulah tujuannya gue buat postingan ini. *getok kepala sendiri*

Ini dia.

Berkisah tentang seorang perempuan bernama Arjuna, keturunan Cina-Jawa, yang ngotot memilih belajar filsafat untuk memahami “perilaku” Tuhan ketuimbang ilmu psikologi – yang menyoroti perilaku manusia.

Terdapat ulasan lebih 150 sosok filsuf dunia, dan puluhan sosok di luar kategori filsuf. Jika target pembacaan literatur fiksi tujuannya untuk mendapatkan “kenikmatan”, maka yang paling terasa dari novel ini adalah “sensasi ilmiah” dari tiga hal, yakni, kisah-kisah kehidupan para filsuf, latarbelakang lahirnya metode pemikiran, dan makna dari substansi ajaran/paham/aliran pemikiran.

*

Arjuna, perempuan muda, bersama suaminya, Jean-Claudie van Damme, Pastor Jesuit yang “insyaf” itu, akhirnya berbulan madu di Bandung, kota yang sejak zaman Belanda punya istilah Bandoeng is Goed Voor pas getrowde paar (Bandung adalah kota kembang yang baik untuk pasangan yang baru nikah).

Berdua mereka menelusuri keragaman masa kini, mengaca pada masa silam, kemudian mengangkut sejumlah pelajaran kehidupan Sunda, Cina, Belanda, Jawa, Manado, Batak, dan etnik-etnik lain.

*

Akan diupdate ketika buku ketiganya terbit, atau buku-buku seterusnya. Honestly, gue sendiri nggak tahu, Om Remy Sylado berencana membuat berapa seri untuk buku ini. Jadi ya, mari tunggu saja. Hehe.

Info lengkap mengenai Wishful Wednesday bisa dibaca langsung di blog hostnya, klik di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s