#3ThnBBI Guest Posting & Interview with Angela Noviana

Yak, dalam rangka ultah ketiga Blogger Buku Indonesia, gue iseng ikutan event Guest Posting dan kebagian jadi guest untuk Angela Noviana, atau yang biasa dipanggil Phie kalo di Bajay Jabo (Grup BBI region Jabodetabek) :p

Tapii, sebelum interview orangnya, nih baca dulu tulisan Phie yang ditulis khusus buat diposting di blog gue *halah, khusus* : ))

*

Pertama-tama, selamat ulang tahun Blog Buku Indonesia!! Semoga semakin banyak review bukunya dari para blogger, semoga bloggernya semakin dekat satu sama lain, dan semoga visi misi kita tercapai ya 🙂 Oke, mari kita mulai guest post-nya….. Awalnya aku tidak tahu mau menulis apa untuk guest post di blog Mput ini. Saking desperate-nya, aku menanyakan ide menulis guest post di BBI Bajay Jabodetabek. Thanks to Lina yang memberikan usul gimana kalau aku menulis apa sih yang menarik dari novel romance? Memangnya gak bosan ya baca romance? Aku adalah pembaca novel satu genre, yaitu romance. Sebuah novel kalau gak ada romance-nya, hanya keajaiban yang membuatku membaca novel tersebut #prettt. Sejak SMP sampai sekarang, aku selalu terpikat dengan romance. Apakah aku selalu membaca novel romance? Jawabannya adalah iya. Apakah ada novel non-romance yang pernah aku baca? Ada, aku sempat baca To Kill A Mockingbird.

Kayaknya cuma tuh novel yang gak ada romance-nya yang pernah ya baca. Novel romance selalu mempunyai racikan yang umum. Dimulai dari pertemuan kedua karater terus merasa tertarik, salah satu dari mereka merasa gak pantas bersanding dengan yang lain, kecemburuan, terus mereka sadar mereka gak bisa hidup tanpa yang lain, dan kemudian berakhir dengan happy end (pada umumnya). Shakespeare akan selalu menari di kuburnya karena cerita Romeo dan Juliet dikemas dengan tak kalah cantiknya dari masa ke masa. Alasan kenapa aku suka baca novel romance dan gak pernah bosan adalah aku suka membaca perkembangan perasaan dua manusia, bagaimana mereka berinteraksi, bagaimana reaksi mereka ketika mengetahui mereka jatuh cinta, dan bagaimana mereka mengatasi setiap masalah yang muncul. Apakah mereka menyerah? Kalau tidak, bagaimana mereka berjuang mempertahankan cinta itu? Setiap penulis pasti memiliki caranya sendiri untuk memikat pembacanya walaupun ramuannya sama.

Membaca novel romance buatku memiliki semua reaksi yang kompleks dan dalam satu cerita bisa mengemas banyak emosi. Misalnya seri In Death oleh J.D. Robb. Ada ketegangan dalam mengungkapkan kasus. Ada humor antara Eve dengan Peabody atau Eve dengan Summerset. Ada kasih sayang dan cinta antara Eve dan Roarke yang membuatku tersentuh. Karakter pria (Roarke tersayang) yang bikin klepek-klepek. Novel romance jarang banget yang cuma ada satu emosi di dalamnya. Pokoknya campur aduk banget lah emosi di cerita-cerita romance itu 🙂

Penulis rekomendasiku kalau mau membaca novel romance:

1. Contemporary Romance : Susan Elizabeth Phillips dan Jill Shalvis Dua penulis ini selalu berhasil membuatku tertawa atau terharu dengan karakter-karakternya.

2. Historical Romance : Julia Quinn dan Lisa Kleypas Dua penulis ini selalu membuat karakter prianya terkadang minta dilemparin sepatu tapi pada akhirnya membuatku selalu tersentuh akan perhatiannya kepada si wanita >,<

3. Western Romance : Catherine Anderson dan Lorraine Heath Keduanya sering banget membuat cerita yang bikin hati remuk dan emosi teraduk-aduk.

4. Paranormal Romance : J.R. Ward dan Sherrilyn Kenyon Alpha male-nya bikin nyeces dan heroine-nya yang gak kalah tangguh!

5. Suspense Romance : J.D. Robb Yah, gak perlu dipertanyakan lagi lah soal karakter pria dan wanitanya. Baik hero maupun heroine-nya diacungi jempol deh =P Penulis-penulis di atas itu selalu aku beli karyanya, gak pakai mikir dua kali. Apalagi kalau ada diskonan, gak peduli deh bukunya seri ke berapa, yang penting punya dulu. Hahahahahah…. #jiwa-penimbun.

Yak, sekian posting-an saya di blognya Mput. Kalau saya gak sudahi sampai di sini, bisa-bisa ditendang nih sama Mput karena kebanyakan curhat. Hahahahahah…. Terima kasih ya Mput sudah mengizinkan aku curhat di blognya.

 *

Nahh, berikut ini interview gue sama Phie. Kalo kurang banyak, kalian bisa kenalan langsung di @AngelaNoviana atau main ke blognya di http://www.resensiharlequin.com 😀

ini dia Phie :3 manis, yak. hahaha. #diabetes

ini dia Phie :3 manis, yak. hahaha. #diabetes

1. Kapan pertama kali menulis review? Kenapa kamu mau menuliskan review sebuah buku? Padahal banyak juga yang menganggap nulis review itu ribet, jadi selesai baca ya sudah :p Pertama kali nulis review pas pelajaran Bahasa Indonesia zaman SMA. Lupa apa judul bukunya. Hahahahha.. Terus setelah itu aku tidak pernah review lagi, tapi minat baca terus bertumbuh. Beli buku, sampul, baca, masukin rak buku. Sudah selesai baca, ya sudah, belum ada pikiran untuk menulis review di blog seperti sekarang.

Kemudian, aku berkenalan komunitas Harlequin Indonesia di milis yahoo pas zaman kuliah dulu, jadilah aku sering nulis review di sana. Sejak lulus kuliah, cowokku tuh geleng-geleng kepala lihat koleksi bukuku yang banyak. Terus dia bilang, kenapa gak nulis review di blog aja? Sejak saat itu lah aku mulai nulis di blog sampai sekarang 🙂

Menulis review di blog itu memberikan sebuah kepuasan batin buatku. Aku bisa mencurahkan apa yang ada di dalam pikiran dan perasaanku terkait buku tersebut. Dan aku seneng banget kalau ada yang meninggalkan komentar di blogku. Berkunjung aja aku senang banget, lihat grafik pagestats naik itu rasanya sesuatu banget lah =P Selain itu, menulis review di blog mempertemukanku dengan komunitas BBI ini dan memiliki teman-teman yang setipe. Rasanya menyenangkan banget.

2. Apa kesan-kesanmu selama bergabung dengan BBI? :p

BBI itu ramai banget. Saling dukung satu sama lain, apalagi dalam hal menimbun buku. Hahahahahaha… Sebelum kenal BBI, timbunanku gak pernah lebih dari 3 buku. Sejak kenal BBI, yahhhh… begitu lah banyaknya >////< Orang-orangnya juga asik. Up-to-date banget soal diskonan dan info-info terkait dunia perbukuan. BBI tidak selalu membahas soal buku, tapi juga terkait fenomena yang terjadi saat ini. Berita-berita terkini lebih asik baca di BBI daripada nonton berita. Hahahahaha…

3. Kalau boleh tahu, siapa member BBI yang review bukunya sering kamu baca atau minimal member mana yang reviewnya kamu jadikan acuan dalam memilih buku? Mungkin ada member yang seleranya sama?

Aku sering baca blognya Ren di http://renslittecorner.blogspot.com dan blognya Sulis di http://kubikelromance.blogspot.com untuk novel-novel romance. Tapi kalau ada postingan novel romance lainnya di agregator, aku pasti baca-baca juga. Hehehehehe…

4. Di antara sekian banyak timbunanmu, buku apa yang jadi  favorit? Sebutkan judul dan penulisnya (boleh lebih dari satu, kok. Hehe)

Waduh, susah kalau ditanya novel apa. Palingan seri favorit aja ya. Hahahahahaha…

Aku suka banget sama seri Bridgertons – Julia Quinn, Wallflowers – Lisa Kleypas, Hathaways – Lisa Kleypas, Travises – Lisa Kleypas, Chicago Stars – Susan Elizabeth Phillips, In Death – J.D. Robb, Lucky Harbor – Jill Shalvis, Virgin River – Robyn Carr, Black Dagger Brotherhood – J.R. Ward, Dark Hunter – Nalini Singh. Jadi banyak ya. Hahahahahaha…

5. Genre/buku seperti apa yang nggak banget buat kamu baca / nggak sesuai dengan seleramu?

Motivasi hidup. Pasti gak bakal aku baca. Hahahahaha… Apa ya? Rasanya males aja gitu. Udah tahu sebenarnya kalau mau sukses tuh harus gini, gini, gini. Tapi ya ngelakuinnya malas. Jadi baca novel non-fiksi tentang motivasi hidup juga jadi malas #emangmales =P

6 thoughts on “#3ThnBBI Guest Posting & Interview with Angela Noviana

  1. Romance itu salah satu genre favorit aku dulu, meski sekarang sudah mulai pilih-pilih. Masih suka sih, tapi tergantung mood banget tuh reaksi setelah atau saat membaca romance 😀

  2. nah menarik banget baca opini phie tentang romance – karena genre ini malah bukan favoritku XD aku suka ilfil sama kisah yang terlalu menye2, apalagi yg udah predictable happy ending… tapi justru hal2 itulah yg bikin phie tertarik sama romance 😀

Leave a Reply

