Cara (saya) Menulis Review..

Sejak beberapa hari join BBI, saya kenal beberapa orang baru di grup dan di twitter. Kalau di twitter, salah satunya @nurauliaafina, temennya @birucahya, yang kemudian ngajakin kami ngepost tentang cara menulis review. Setelah kemarin jalan-jalan ke blognya Aul saya lalu ngerasa bahwa cara menulis review saya masih cetek. Hahahaha.

Ada beberapa orang yang menuliskan reviewnya di kertas/binder/buku catatan terlebih dahulu sebelum akhirnya dipindahkan ke blog. Sebenernya cara seperti itu lumayan membantu, seenggaknya kalo ditinggal tidur atau ngerjain hal lain, ide untuk nulis reviewnya nggak hilang ke mana-mana.

Tapi saya sendiri nggak menggunakan cara seperti itu. Saya biasanya membaca satu buku hingga tuntas, sambil menilai buku tersebut (dalam hati). Tapi sewaktu baca, jarang sekali saya nginget-nginget quotes dalam sebuah buku. Kecuali, kalau memang quotes itu “gue banget” 😛

Nah, waktu bacanya udah selesai, baru deh di review di word. Kenapa di word? Kayak nulis draf novel aja, kok nggak langsung ngeblog?

Karena saya merasa lebih leluasa menulisnya di word. Jarang menulis langsung di badan blog, kecuali untuk postingan-postingan ringan seperti postingan ini 😀

Untitled

(ini contoh halaman word berisi review buku yang saya tulis. Semuanya lengkap seperti di blog, kecuali cover bukunya. Karena cover biasanya akan ditempel waktu ngepost langsung di blog).

Mungkin kesannya pemalas banget nulis tangan 😛 tapi sebenarnya ini untuk menghemat saja. Waktu SMP saya sering nulis cerpen bahkan cerita yang agak panjang di binder. Akibatnya kemarin waktu pindahan, ada 3 binder penuh tulisan yang bingung mau dikemanakan. Akhirnya data-data penting disimpan dan dibawa, data yang sekiranya kurang penting dibuang -__-“

Dan mengingat sekarang udah ada teknologi digital semacam lembaran word, saya kira akan lebih hemat segalanya jika menuliskannya di sini saja. Nggak perlu memperbanyak kertas yang bertebaran di kamar, dan membuat kamar penuh oleh binder-binder :p

Begitupun dengan menulis outline novel, ada beberapa penulis yang nyaman membawa-bawa catatan untuk menuliskan detil-detil yang mereka rasa penting. Kalau saya biasanya hanya akan mencatat detil yang saya lihat di note smartphone 🙂 Waktu sempet buka laptop, baru dipindahkan ke file outline di word. Dan lagi, untuk menulis outline dan ciri fisik tokoh, sesekali saya juga menggunakan foto-foto artis atau foto yang saya comot dari google sebagai bayangan ketika menulis. Dan akan lebih praktis bila semuanya digabung dalam satu file word. 😀

Begitulah 😀 Dan ini jadi melenceng ke mana-mana :))

Tambahan, biasanya selain menulis review di blog, saya juga join Goodreads. Jika sedang nggak ada waktu nulis blog, saya review seadanya (plus rating) lewat Goodreads mobile. Tapi postingan rincinya tetap selalu diposting di blog ini 😀

Itu cara saya. Jadi, bagaimana caramu? 🙂

4 thoughts on “Cara (saya) Menulis Review..

Leave a Reply

