REVIEW: BELOVED (TERKASIH) –Diana Palmer

Judul: BELOVED (TERKASIH)

Penulis: Diana Palmer

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: Maret 2007 (Cetakan II)

Harga: Rp. 25.000 (buku lama, kurang tahu harga sekarang)

Jumlah halaman: 256 hal.

ISBN (10): 979-22-2725-3

ISBN (13): 978-979-22-2725-3

*

Blurb:

Sejak pertama bertemu, Tira jatuh hati pada Simon Hart. Tapi Simon sudah menikah. Tak ingin merusak rumah tangga Simon, Tira setuju menikah dengan sahabat Simon, John Beck.

Ternyata pernikahan Tira dan John hanya bertahan satu bulan. Setelah menjanda, Tira malah terus mendampingi Simon yang mengalami kecelakaan sehingga tangannya harus diamputasi dan istrinya meninggal.

Simon langsung bisa melihat bahwa setelah istrinya meninggal, Tira sangat mengharapkan cintanya, tapi ia membenci Tira karena mengira wanita itu sengaja bercerai supaya bisa mengejar cintanya. Namun pada saat Tira mulai dekat dengan pria lain, Simon malah cemburu. Kini giliran dia yang mengejar-ngejar Tira.

*

Review:

Pertama baca novel ini karena dikasih seorang saudara. Sebelumnya gue ga begitu suka genre-genre Harlequin aka roman dewasa terjemahan. Buat gue cerita roman semacam ini adalah kisah yang membosankan dan kelewat fiksi. Semua sosok lelaki tokoh utamanya sempurna, dan di akhir si wanita ujung-ujungnya akan selalu jatuh ke pelukan si lelaki, walaupun di awal banyak sekali masalah yang mereka hadapi.

Tapi akhirnya gue memutuskan mencoba membaca novel Diana Palmer satu ini. Karena blurb-nya juga sih, yang bikin sedikit penasaran. Setelah gue baca sebagian, gue pikir ga ada salahnya dilanjutin sampai selesai. Udah terlanjur dibaca, sayang kalo nggak diselesaikan.

Novel ini bercerita tentang Tira yang naksir Simon, gue ceritain aja inti singkatnya. Simon terus menolak Tira karena nganggep Tira mengkhianati John –sahabatnya sendiri, cuma untuk mendapatkan cinta Simon, tapi ternyata ada banyak yang tidak diketahui Simon tentang Tira dan John. Saat Tira sudah nyaris menyerah karena Simon tidak menerimanya, kini malah giliran Simon yang cemburu karena Tira deket sama seorang cowok (yang sebenernya adalah sahabatnya sendiri) bernama Charles. Di sisi lain, seorang musuh bebuyutan Tira yang bernama Jill juga mengincar cinta Simon. Terlalu klise untuk sebuah kisah cinta, ada banyak tokoh yang saling kejar-kejaran dan berlomba mendapatkan cintanya masing-masing, tapi Diana Palmer mampu membungkusnya menjadi lebih baik. Setidaknya lebih baik dari anggapan gue atas novel Harlequin selama ini. Hehe.

Dan tentang terjemahan, gue sebenernya nggak suka novel terjemahan, karena gue dulu pernah baca novel terjemahan remaja dan gue rasa bahasanya berantakan. Jangan tanya apa judulnya, udah lupa. Itu jaman SMP. Gue sejak itu males baca terjemahan, kecuali novel-novel “besar” seperti Harry Potter atau Twilight yang memang sudah diakui bagus oleh banyak orang dan bahkan difilmkan. Tapi kedua judul itupun nggak gue baca semua serinya, hanya beberapa saja. Soal baca terjemahan, gue memang musiman moodnya.

Balik lagi ke novel Beloved, si penerjemah berhasil menerjemahkannya dengan baik, sehingga gue nggak perlu mengerutkan kening ditengah cerita dan mengumpat, “apaan sih ini maksudnya?!” 😛

Secara garis besar gue katakan, gue suka novel ini. Satu-satunya novel Harlequin yang gue punya, karena judul lainnya keburu gue hibahkan ke orang karena nggak suka jalan ceritanya yang menurut gue aneh-aneh :p Beloved ini juga sebenernya termasuk salah satu novel yang udah gue baca berkali-kali.

Kalo kalian butuh novel yang bicara cinta, tapi kesannya dalem, coba baca Beloved. Tapi gue nggak akan mengatakan bahwa novel ini bagus, gue nggak bisa menjamin siapapun yang membacanya akan menilainya bagus. Ini masalah selera. Contohnya diantara semua Harlequin yang ada, gue malah cuma suka yang satu ini. Sodara gue pecinta Harlequin sejati, beberapa bukunya dihibahkan ke gue, nyang lalu gue teruskan lagi ke orang lain biar lemari ga penuh *jadi curhat* -___-“

Tiga bintang untuk Beloved. Untuk Tira, Simon, Charles dan Jill si jahat :p

Satu bintang bonus untuk Diana Palmer yang mengemasnya dengan baik dan berhasil bikin gue baca satu novel Harlequin sampai ending. 😀

3 thoughts on “REVIEW: BELOVED (TERKASIH) –Diana Palmer

Leave a Reply

