REVIEW: Sweet Revenge – Sin Nombre

Judul: Sweet Revenge (Sayang, Aku Cinta Anakmu!)

Penulis: Sin Nombre

Penerbit: Gagasmedia

Tahun Terbit: Juni 2008 (Cetakan I)

Harga: Rp. 5.000 (beli tahun 2013, di sebuah pameran buku. Harga asli kurang tahu)

Jumlah halaman: 209 hal.

ISBN (13): 978-979-780-248-6

ISBN (10): 979-780-248-5

*

Blurb:

Pengkhianatan demi pengkhianatan membuat Irni apatis terhadap cinta. Adrian, laki-laki yang membuatnya jatuh cinta, ternyata hanya menjadikannya sebagai selingkuhan. Adrian meninggalkannya begitu saja, setelah merampas segala yang berharga buar Irni. Lalu, Angga. Laki-laki yang sempat menjadi suaminya itu, tanpa hati membawa perempuan selingkuhannya ke rumah mereka. Perkawinannya kandas, begitu pula harapannya terhadap cinta.

Takdir membawanya bertemu Rizi. Laki-laki berusia lebih muda 16 tahun itu jatuh cinta kepadanya. Ironisnya, Rizi anak kandung Adrian. Laki-laki yang menghancurkan hidup Irni.

Irni melihat Rizi sebagai alasan untuk membalas dendam. Dia membunuh semua harapan yang mungkin dia punya dengan dendam yang dimilikinya. Namun, Rizi berbeda. Mungkinkah masih ada laki-laki yang dapat dipercaya Irni? Bagaimana reaksi Adrian yang mengetahui anaknya berhubungan dengan mantan selingkuhannya?

Lagi-lagi, cinta berada sangat dekat dengan benci. Bahkan, terkadang tak terkenali, apakah dendam ataukah cinta.

*

Review:

Saya menemukan buku ini secara tidak sengaja. Sempat ada pameran buku di kampus, lalu karena pada dasarnya saya ini pemburu diskonan, maka waktu itu menghabiskan seharian di acara pameran. Melihat-lihat buku apa yang kira-kira bagus untuk dibaca. Ada banyak buku baru berjejer, tapi tidak terlalu menggiurkan, karena sudah berkali-kali melihat buku-buku itu di Gramedia sejak kali pertama kemunculannya. Hingga akhirnya saya tiba di rak buku lama. Bukan buku lama juga, tepatnya buku yang udah pensiun dari masa pajangnya di rak Gramedia. Ada buku-buku terbitan 2008 sampai 2010 gitu. Salah satunya novel Sweet Revenge ini.

Hal pertama yang menarik adalah covernya. Cover putih dengan nuansa biru muda itu membuat tangan saya terulur untuk mengambilnya lalu membaca blurb di back cover. Setelah membacanya dua kali (karena awalnya kurang ngerti), akhirnya saya memutuskan membeli. Harganya lima ribu rupiah saja, termasuk ukuran murah untuk sebuah novel bagus.

Ya, menurut saya novel ini cukup menarik. Dari segi cerita, novel ini tergolong metropop, namun bahasanya ringan dan nggak berat. Bahkan kalau boleh jujur, novel-novel Gagasmedia era 2012 keatas sekarang terbaca lebih baku bahasanya ketimbang Sweet Revenge ini. Di sini juga tidak ada uraian deskripsi yang terlalu berbelit. (Hal yang biasanya saya skip waktu baca novel Gagas era sekarang adalah bagian deskripsinya yang beberapa kali terbaca berlebihan. Maksudnya, terkadang terlalu panjang. Dan bikin saya keburu ngantuk).

Tapi novel ini berbeda. Novel dengan ukuran mungil khas Gagasmedia era lama ini memberikan saya sesuatu yang lain. Inti cerita yang berbeda, gaya penceritaan yang santai, namun intinya tetap dapet. Sad ending, sih. Tapi saya suka perjalanan menuju endingnya. Drama dan sisi romance-nya juga dapet, kalau kalian suka baca metropop.

Kalau inti cerita, kayaknya dari blurb aja udah jelas dan nggak perlu saya ceritakan dua kali. Memang benar isi blurb itu, Rizi adalah lelaki yang berbeda, brondong yang lebih muda 16 tahun itu jatuh cinta sesaat setelah bertemu Irni, dan saya tidak menyangka endingnya akan begitu. Saya kira, Rizi akan berakhir seperti lelaki-lelaki lain dalam hidup Irni. Tapi ternyata hanya dia yang paling mampu memberikan cinta yang sejati.

Duh, kebawa drama.

Overall, saya suka novel satu ini. Dan sama sekali tidak menyesal mencomotnya di pameran beberapa bulan lalu. Kalau nanti kalian melihatnya di salah satu rak pameran buku, silahkan dicomot. Lumayan itu teman minum teh sore hari *apeu* :p

Mungkin ini sudah terlambat bertahun-tahun, tapi saya ngasih empat bintang untuk Sweet Revenge dan Sin Nombre.

Leave a Reply

