Review: Misteri Gereja Setan – Antonius Andrie

Judul: Misteri Gereja Setan (Novel)
Penulis: Antonius Andrie
Penerbit: GagasMedia
Tahun terbit: 2007
Jumlah halaman: 336
ISBN: 9797801098
Harga:(terbitan lama, harga bisa berubah sewaktu-waktu)

*

Sinopsis:
Kejadian-kejadian aneh mulai muncul di SMU Alexius. Pak Mamat, penjaga sekolah, tanpa alasan yang jelas tiba-tiba memaku telapak tangannya sendiri. Mereka yang telah meninggal di SMU tersebut menampakkan diri dalam wujud mengerikan, tak terlihat oleh manusia biasa. Penampakan Pak Nardiman, mantan satpam sekolah, berkeliaran dengan kepala nyaris putus.
Di saat bersamaan, ada tiga anak baru kelas XI dari Manado yang berperilaku aneh—Loura, Miki, dan Dewo. Loura memiliki the Satanic Bible yang selalu dibawanya di tas. Lalu, segala kegiatan mereka memiliki makna angka 666, mengarah pada sekte Gereja Setan.

Kevin, Feby, Revan, dan Tania, mencoba menyelidiki kejadian misterius yang terjadi di sekolah mereka. Dibantu Ronal—yang bisa melihat hal gaib—mereka mendapatkan banyak petunjuk. Bagi mereka, misteri harus dipecahkan, atau pilihannya murid-murid di sekolah mereka akan hancur.

*

Buku ini termasuk salah satu terbitan lama Gagasmedia, sekitaran tahun 2007. Judulnya membuat saya tertarik, apalagi dikemas dalam bentuk novel, bukan buku-buku berisi teori yang bikin ngantuk. Mungkin udah jadi rahasia umum, gereja setan atau satanic church sejak era 1990-an datang ke Indonesia dan pastinya lagi itu ancaman besar bagi umat Kristiani, termasuk saya.

Ada kabar yang mengatakan, mereka menjadikan kota manado sebagai pusat gereja setan terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Alasannya bisa ditebak sendiri, karena disana merupakan jantung pelayanan Kristen di Indonesia. Beberapa tahun setelahnya, gereja setan menyebar hingga Jakarta, Bandung, dan beberapa kota besar lain.

Buku ini sendiri menceritakan sesuatu yang real alias bukan karangan. Saya rasa penulisnya riset habis-habisan, banyak data (bahkan nama tokoh) yang saya temukan mirip dengan data di wikipedia. Walaupun tidak pernah mengetahuinya langsung, namun buku ini sudah bisa menggambarkan kepada saya gimana ‘keadaan’ yang sebenarnya. Alurnya yang cukup bagus dan ide ceritanya yang menarik membuat saya seolah-olah berada dalam cerita.

Saya sendiri tidak kenal dan tidak tau pasti siapa itu Antonius Andrie dan bagaimana caranya dia bisa riset data yang lengkap mengenai organisasi GS, tapi saya berani memberi dua acungan jempol untuk usahanya menulis novel ini. Karena saya sendiri tau, mencari dan meriset data untuk tulisan itu lumayan susah dan merepotkan. (apalagi buku ini mengungkap masalah yang sedikit sensitif. Menyangkut kepercayaan dan agama)

Membaca buku ini (menurut saya) bisa mendapat dua manfaat sekaligus. Ceritanya dan tentu saja pengetahuan tentang betapa berbahayanya GS. Mungkin bagi beberapa orang buku seperti ini membosankan, atau mungkin menakutkan. Ada juga yang mengaku punya bukunya tapi tidak pernah berani untuk terus membacanya. Yeah, kenyataannya adalah, kita tidak akan pernah tau yang sebenarnya sebelum membacanya hingga tuntas.

*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s